Pembukuan: Menuju Jalur Memori Proses Pembukuan

Pembukuan adalah bagian dari bidang yang disebut Akuntansi. Ini adalah proses pencatatan transaksi keuangan suatu entitas. Contoh dari transaksi ini adalah pencairan, penjualan, pendapatan, dan penarikan. Seorang pembukuan berbeda dari seorang akuntan sedemikian rupa sehingga akuntan adalah orang yang menafsirkan dan membuat laporan tentang hasil dari pembukuan; oleh karena itu, pekerjaan pembukuan sangat penting karena dari sinilah semua laporan keuangan akan berasal. Pembukuan biasanya hanya sampai, Posting ke saldo percobaan, tahap sementara akuntan memulai pekerjaannya dengan menyiapkan laporan keuangan menggunakan output dari pembukuan.

PEMESANAN: Mengenal Dua Sistem Pembukuan

Ada dua metode untuk Pembukuan dan ini adalah, Pembukuan entri tunggal, dan, pembukuan entri ganda ,. Pembukuan entri tunggal adalah sistem pembukuan yang paling sederhana. Ini hanya mencatat pencairan dan penerimaan dari entitas tertentu dalam satu baris. Ketika Anda memilih untuk menggunakan sistem entri tunggal, Anda akan menemukan bahwa itu hampir mirip dengan register buku cek.

Sistem entri ganda Pembukuan adalah metode yang paling banyak digunakan di dunia akuntansi. Dalam suatu transaksi, akan selalu ada dua akun yang akan terpengaruh. Ini karena sifat transaksi ganda. Misalnya, jika penjualan dilakukan, uang tunai diterima dan inventaris bisnis juga terpengaruh. Karena transaksi bersifat ganda, orang-orang di tahun 1400-an telah mengakui perlunya jenis entri ganda untuk mencatat transaksi mereka dan sampai sekarang, praktik ini banyak digunakan. Dalam mencatat transaksi menggunakan metode entri ganda, akan selalu ada dua kolom untuk diisi – tidak seperti entri tunggal di mana Anda hanya akan mencatat transaksi dalam satu baris.

PEMBUKUAN: Akuntansi Komputerisasi adalah Lompatan Besar untuk Proses Pembukuan

Di masa lalu, pencatatan transaksi selalu dilakukan secara manual dan dimasukkan ke dalam buku kertas baik menggunakan metode entri tunggal pembukuan atau entri ganda; Namun, dengan munculnya perangkat lunak akuntansi, Pembukuan tidak pernah semudah ini. Contoh dari perangkat lunak akuntansi yang luar biasa ini adalah QuickBooks yang memungkinkan pemegang buku untuk mencatat transaksi dengan cara yang lebih sistematis dan bebas gangguan. Perangkat lunak akuntansi ini telah diprogram untuk mengikuti seluruh proses akuntansi (tiga langkah pertama mewakili proses pembukuan) dan yang harus Anda lakukan adalah memasukkan transaksi Anda ke dalam sistem dan presto! Perangkat lunak akuntansi akan melakukan pekerjaan Anda untuk Anda. Ada juga fitur tambahan pada perangkat lunak akuntansi ini yang pasti akan Anda sukai.

Ada beberapa cara tentang cara mendapatkan perangkat lunak akuntansi Anda sendiri tetapi yang paling populer dari semuanya adalah dengan menggunakan bantuan World Wide Web. Anda dapat mencari perangkat lunak ini dan setelah Anda memilih yang terbaik untuk Anda, Anda dapat melakukan pemesanan secara online atau menelepon mereka sehingga mereka dapat membantu Anda dengan semua masalah perangkat lunak akuntansi Anda. Perangkat lunak ini juga memiliki perwakilan dukungan teknis 24/7 untuk memandu Anda di seluruh aspek teknis perangkat lunak. Dengan alat-alat canggih ini, Anda dapat membuat pembukuan menjadi sangat mudah dan hanya berkonsentrasi pada bisnis Anda secara keseluruhan.

Leave a Reply